Senin, 14 Maret 2011

PEMUDA DALAM SEBUAH MASYARAKAT

PEMUDA DALAM SEBUAH MASYARAKAT

Pemuda merupakan regenerasi sebuah bangsa yang akan menentukan arah dan tujuan cita-cita luhur sebuah Negara, Peranan pemuda adalah hal yang sangat menarik dan dinamis untuk dibicarakan. Pembahasan tersebut tidaklah lepas dari faktor sejarah karena pemuda erat kaitannya dengan perubahan-perubahan dan dinamika sosial-keadaan suatu tempat atau Negara dalam mengontrol setiap aturan yang ada. Saat berpikir untuk menulis mengenai “kepemudaan” terkait dengan Sumpah Pemuda, ini seharusnya akan menjadi sangat menarik dan cukup panjang, karena akan terdapat sangat banyak sudut pandang untuk membicarakan pemuda. Sikap sebagai sebuah bentuk perkembangan, adalah penting sekali di dalam menentukan perbuatan seseorang, oleh karena unsur-unsur penting di dalam sikap mencakup sifat-sifat seperti taraf pengetahuan prasangka, pandangan-pandangan terpola, kecenderungan-kecenderungan serta perasaan-perasaan tertentu mengenai setiap hal, baik di dalam arti yang positif maupun negatif. Prasangka-prasangka yang tertanam sedemikian awal itu nampak kemudian sangat besar pengaruhnya terhadap proses pembentukan Konsep pada pemuda.
Pada masa ini anak muda berusaha mendapatkan status sebagai manusia; ada kecenderungan untuk berusaha kearah emansipasi dengan melepaskan taraf ke kanak-kanakan di mana ia senantiasa harus tunduk kepada kehendak orang tua, karena dianggap rendah dalam umur, pengalaman dan kecakapan. Harapannya adalah pada masa mendatang mereka akan menjadi tiang masyarakat dan memegang tanggung jawab di dalamnya. Pemuda adalah pemindah warisan dan kejayaan dari generasi tua ke para pemuda atau dari bapak ke cucu.
krisis kepercayaan terhadap pemuda yang sangat tinggi sehingga menyebabkan banyak potensi pemuda yang harusnya di implementasikan tidak dapat terealisasi, olehnya itu mari kita membngun kepercayaan dengan menjujungjung tinggi komitmen dan konsistensi dalam sebuah amanah, kontribusi pemuda sangan di perlukan di era sekaranag ini sebagai konseptor masa depan.
Negri ini haus akan terobosan baru, konsep baru, di semua bidang. Karna negri ini hanya memiliki sebuah konsep pentium 2 yang sudah loading, dan tergilas oleh sebuah era yang dinamakan globalisasi, sedangkan pemuda yang merupakan core I 3 yang lincah segar dalam berfikir yang menghasikan buah-buah pikiran yang luar biasa dengan semangat yang luar biasa pula, kapan lagi kalau bukan sekang menjadi pemuda yang kreatif inovatif dan berfikir masa depan. Jangan sampai kita menjadi penonton di negri kita sendiri menjadi budak di rumah sendiri, marilah kita memulai dari hal yal yang terkecil sebagai sebuah imlementasi karna hal yang besar berasal dari hal yang terkecil kemudian siapa lagi yang akan membangun bangsa ini kalau bukan kesadaran akan diri kita, bagaimana mencari dan menemukan identitas bangsa ini jikalau kemudian kita hanya berpangku tangan bercerai berai dan hanya mengandalkan ego yang kemudian membawa sebuah malapetaka yang besar , jangan biarkan pemuda menjadi sampah masyarakat tapi jadikan pemuda sebagai obat mujarab bagi masyarakat dikala ada masalah dapat memposisikan diri sebagai maker of solution.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar